Senin, 30 Juli 2018

Curug Cikaso Jampang Surade


Ini fotonya diedit pake vsco jadi bagus bgtt aslinya mah gak gitu da. efek kamera emang suka nipu guys.

Curug Cikaso Tempatnya ada di Sukabumi-Jampang lumayan jauh dari rumah aku di Bogor. Aku ke sana ramean kayak touring gitu ceritanya bareng kakak aku  dan teman-temannya. Kalau ga salah kurang lebih ada 10 motor. Dulu waktu ke sana aku  masih kelas 11 SMA masih imut dan masih lucu. Kalau kelas 11 SMA berarti tahun 2015 akhir waw udah lama juga ternyata. Sekarang udah 2018 Curug Cikaso juga udah jadi wisata yang terkenal banget di Jampang. Dulu yang wisata ke sana masih sedikit pas aku sampe sana aja cuma ada rombongan kakakku sama 2/3 rombongan lainnya aku lupa. Tapi sekarang kayaknya tempat itu selalu ramai karena banyak juga orang-orang yang tau tentang Curug Cikaso walaupun perjalananya jauh.
Jalananya menuju ke sana gak macet tapi karena jauh bangetttt cape, lebih ke pegel sih soalnya duduk terus dimotor pantat panas jadi serba salah gitu duduk juga. Aku selalu suka dengan perjalanan, kemanapun, dekat atau jauh aku pasti menikmati perjalanan itu. Walaupun aku  gapernah bisa dengan mudah menghafal jalan. Aku suka ngeliat mobil dan motor berlalu lalang diatas aspal. Tapi aku gasuka dengan kemacetan.
Disepanjang jalan menuju Curug Cikaso, setelah memasuki daerah Jampang tapi masih jauh menuju tempat utama aku disuguhi (asoy bahasanya disuguhi gayaa) dengan pemandangan yang YaAllah luar biasa indahnya, aku takjub dengan tebing-tebing tinggi dan pepohonan yang besar ditambah lagi langitnya yang biru. Udah gabisa berkata-kata lagi sangking sukanya aku ngeliat mereka disepanjang jalan itu (mereka tebing, pohon, langit, dan semuanya yang ada dijalan yang mata gue liat) aku emang lebay kalau ngeliat pemandangan alam. Masa iya di saat kamumelihat sesuatu yang indah kamu diem aja, kan galucu, ya gimana ke mengekspresikan kekagumanmu dengan kelebayan kayak aku gitu.
Aku dimotor sama temen kakaku. Selama perjalanan tentunya aku membuat dokumentasi mengabadikan semua pemadangan indah itu, jalanan di Jampang sana engga macet kayak di kota lancar jaya cuy. Btw selama di sana aku juga ga liat ada angkot malah banyaknya motor dan mobil pribadi, mungkin untuk angkutan umum masyarakat di sana pake elf bis mini itu loh yang kalau di bogor kayak kolmini. U know kolmini? Tapi bukan kolmini juga sih ahh itu deh pokonya tau mereun elf? Si elf ini juga gabanyak dia jarang-jarang gitu, jadi kayaknya mereka beli kendaraan pribadi aja buat akses kemana-mana. Sesekali aku berenti dipinggir jalan buat istirahat mendinginkan pantat yang panas walaupun cuma sebentar doang tapi gapapa lumayan. Yang aku liat Jampang itu sepi jadi dipinggir jalan itu ada rumah 2-4 terus kesananya kebun-kebun, ada lagi rumah 2-3 terus kebun-kebun lagi, terus we sepanjang jalan aja kayak gitu. Nah Curug Cikaso ini ada di Jampang-Surade, Surade merupakan pusat daerah di sana. Kenapa disebut pusat soalnya alfamart dan pasar ada di Surade. Surade juga mungkin bisa disebut Ibu Kota nya Jampang karena di Surade sinyal juga penuh. Oiya btw di Jampang susah sinyal harus pake telkomsel.
Setelah melewati perjalanan yang panjang akhirnya aku sampe juga di Curug Cikaso, Curug nya ada dibelakang gunung gitu tapi aku gatau gunung apa namanya aku lupa lagian gananya juga. Kata penjaga di sana kalau mau ke Curug Cikaso aku harus melewati danau dulu pake perahu. aku gatau harga perahunya berapa aku lupa karena itu kan udah lama banget kalau sekrang sih kayaknya mahal deh tidak semurah saat 2015 lalu. Aku dan temen-temen kakakku pake dua perahu soalnya kalau satu gacukup.
Pas naik perahu sih aku biasa aja tapi pas perahunya jalan mulai deg-degan soalnya danau yang aku liat itu kayak difilm anaconda serem gitu. Aku ngebayangin gimana kalau tiba-tiba anaconda itu keluar dari air? Terus entar aku dimakan? Terus aku gabisa sekolah lagi. Haha emang aku suka halu. Sisi-sisi danaunya juga ditutupi sama pohon yang gede-gede dan tinggi-tinggi semuanya hijau air danaunya warna coklat dan awannya warna abu-abu saat itu sore abis hujan rintik-rintik jadi air danaunya keruh jalannya juga licin kudu hati-hati banget soalnya takut kepeleset. Jarak dari awal naik perahu sampe ke Curugnya deket paling cuma beberapa meter 5menit juga sampe.
Terus sampe dah kita di Curug Cikaso, tapi harus jalan lagi sih ke atas soalnya danaunya di bawah. Di sana ada beberapa gajebo atau saung buat tempat istirahat, tempat makan, minum kopi, tidur juga bisa sih kalau mau mah. Penduduk yang jualan di saung itu asli orang Jampang gamungkin kan orang Malang jualan di sana. Isi warungnya sih kayak biasa aja jual kopi, mie rebus, cilok, nasi goreng, dan jajanan yang lain. Harga jajanannya murah biasanya kan kalau di tempat wisata makanan pada dimahalin ini mah engga. Popmie aja harganya normal 7rb, tapi gatau kalau sekrang mungkin pada dinaikin karena tempatnya udah terkenal.
Karena waktu ke sana cuaca tidak mendukung abis ujan gitu jadi air Curug nya deres banget, tapi warna airnya putih bersih engga bening kayak air-air biasa. Karena arusnya juga lumayan gede jadi kita gaboleh mandi lagian kotor juga kan air didasarnya warna coklat keruh. Jadi aku cuma foto-foto aja. Abis puas foto-foto aku dan kakaku dan teman-teman yang lain pulang. Lumayan puas dan terbayar banget sih sama pemandangan dan Curug nya ya walaupun becek-becek tapi okelah. mungkin sekrang Curug Cikaso udah ada banyak perubahan danau, perahu, tempat parkir, warung dan gajebonya pasti udah diperbarui jadi lebih bagus lagi. Coba kalian yang udah pernah kesana minimal 1thn terakhir deh 2017/2018 Curug Cikaso yang sekarang keadaannya gimana?

ini ada beberapa foto yang masih ada, soalnya foto-fotonya gatau kemana pada ilang sempet ganti hp juga jadi kayaknya ga kepindahin kenotebook.

ini air danau yang kata aku warnanya coklat, coklat banget kan? seperti susu bendera coklat.




yang pake topi itu namanya a bejo, dia yang boncengin aku selama diperjalanan hehe.



ini waktu diperahu muatan satu perahunya segitu gabisa banyak-banyak nanti perahunya tiguling.



nah ini dia Curug Cikaso gambar aslinya beda banget kan sama yang diedit di atas.
















 aku mengabadikan moment pake kamera hp karena emang i dont have camera. jadi gambarnya juga seadanya hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar